Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tampilan Terbaik Dengan Mozilla Firefox dan Google Chrome ------ Silahkan Share Artikel Dengan Tombol Social Media Yang Tersedia

Tips dosis konsumsi minyak zaitun extra virgin

Pada tulisan ini kami  akan membahas sekilas mengenai konsumsi minyak zaitun EXTRA VIRGIN yang diproduksi sesuai standart kesehatan Internasional dengan sertifikasi ISO 9001, ISO 22000 , ICEA Organik (lihat), dengan pengawasan lembaga sertifikasi internasional maka setidaknya konsumen dapat merasa lebih aman dengan mengetahui produk yang digunakan dapat terjamin kemurnian dan keasliannya tanpa kekhawatiran dioplos, berpewarna, tercemar bahan kimia  (pupuk/pestisida) dsb.Dengan menggunakan minyak zaitun ekstra vigin murni maka diharapkan tujuan penggunannya akan dapat tercapai baik sebagai makanan untuk menjaga kesehatan dan pengobatan keluhan kesehatan. Efek kesehatan dari penggunaan minyak zaitun pada tiap individu akan selalu berbeda dan bergantung pada faktor-faktor lainnya seperti, usia, gaya hidup, tingkat stress, gender dst , akan tetapi selalu dapat dipastikan dan telah dibuktikan bahwa efek tersebut benar-benar ada.

Harus dimengerti bahwa minyak zaitun organik akan selalu dan hanya ada pada jenis ekstra virgin murni. Pada budidaya perkebunannya dan produksinya dikontrol dan diawasi oleh lembaga sertifikasi organik terakreditasi untuk sama sekali tidak menggunakan bahan tambahan ataupun zat kimia apapun baik sebagai pestisida maupun pupuk. Selain pengawasan langsung , minyak zaitun organik harus lolos dari uji analisa laboratorium independen sebagai pembuktian akhir , pengujian tersebut antara lainnya sbb:

-uji kemurnian (bebas dari bahan  campuran, seperti pewarna, perasa, pengawet, campuran minyak nabati lain dst)

-uji residu cemaran kimia yang mungkin timbul akibat pencemaran lingkungan dan penggunaan pupuk kimia, pestisida.

Minyak zaitun organik tersertifikasi adalah minyak zaitun terbaik (sumber:http://www.fitday.com “choosing organic will ensure that you are getting the best out of the oil without the addition of unnatural additives.”) dan selalu dapat dipastikan sebagai genuine extra virgin/ minyak zaitun asli.

Adanya tulisan pada label produk minyak zaitun sebagai jenis “extra virgin”  tidak memberikan jaminan bahwa produk tersebut benar-benar jenis extra virgin ,sebagaimana hasil dari penelitian “UC Davis researchers” di USA dengan methode yang sama digunakan di Jerman dan Australia atas produk minyak zaitun  (sumber:http://lifehacker.com), bahwa kebanyakan produk minyak zaitun extra virgin di pasaran tidak dapat dikatagorikan sebagai minyak zaitun jenis extra virgin yang sesungguhnya.

Minyak zaitun dengan kualitas tinggi selalu didukung dengan sertifikasi lembaga independent terakreditasi sebagai pengakuan dan khususnya produk organik tanpa zat pengawet sangat membutuhkan tambahan pelindung baik berbentuk tabung pelindung ataupun botol dengan warna gelap untuk mengurangi resiko pengaruh cahaya dan suhu. Nutrisi minyak zaitun ORGANIK sangatlah sensitif terhadap cahaya dan kondisi suhu diatas suhu ideal, tanpa tambahan perlindungan maka minyak zaitun Organik pasti akan mengalami degradasi nutrisi yang sangat drastis menghadapi terpaan cahaya dan fluktuasi suhu. Kejelian konsumen juga sangat diperlukan dalam hal pemilihan produk, pada beberapa kasus penggunaan botol berpewarna gelap justru digunakan untuk menyembunyikan kualitas rendah dari produk minyak zaitun.

Banyak kesalahpahaman penggunaan minyak zaitun non (selain jenis) extra virgin, harus dan sangat perlu diketahui bahwa tujuan pembuatan  minyak zaitun non extra virgin , dalam hal ini minyak zaitun rafinasi (refined) adalah sebagai minyak goreng rendah kalori dan tidak diperuntukan sebagai minyak yang dikonsumsi langsung, terlebih mengingat adanya penggunaan beberapa zat beresiko bagi kesehatan dalam proses produksinya, bahkan beberapa jenis diantaranya digunakan sebagai campuran minyak bio solar.(baca:Jenis minyak zaitun)

Minyak zaitun extra virgin murni memiliki keterbatasan dalam mempertahankan rasa, aroma dan warnanya, karena hanya mengandalkan zat anti oksidan yang secara alami terkandung didalamnya seperti pholifenol dan chlorophyl. Namun minyak zaitun extra virgin murni ,kaya akan nutrisi luar biasa yang sangat berguna untuk kesehatan dan pengobatan tanpa perlu khawatir akan timbulnya efek dari adanya residu bahan kimia berbahaya. Nutrisi luar biasa ini akan mudah rusak akibat dari pengaruh cara penyimpanan dan lingkungan sekitar, antara lain oleh pengaruh cahaya, perubahan suhu dan paparan udara bebas (oksidasi). Penting untuk mempertimbangkan bahwa sebaiknya hanya membeli minyak zaitun dengan ukuran yang mampu dikonsumsi dalam 30 hari setelah kemasan dibuka untuk menghindari penurunan kualitas nutrisi akibat proses buka tutup  kemasan (oksidasi) selama masa pengkonsumsian.

Penggunaan minyak zaitun EXTRA VIRGIN baik sebagai hidangan maupun sebagai sarana pengobatan, perawatan kecantikan, pada dasarnya tidak dikenal adanya dosis penggunaan, Anda tidak perlu khawatir terjadi overdosis atau terjadi efek samping yang berbahaya jika menggunakan jenis EXTRA VIRGIN “ASLI”, akan tetapi sebaiknya gunakan dalam batas-batas wajar saat Anda mengkonsumsinya secara langsung (diminum) pada awal pertama. Penggunaan minyak zaitun extra virgin pada konsumsi sehari hari baik dengan diminum langsung dengan ukuran tertentu maupun untuk memasak akan meningkatkan kesehatan, hal ini telah dibuktikan melalui banyak penelitian. Dari pengalaman kami, pada penggunaan konsumsi langsung (diminum langsung) disarankan pengunaan  minimum 2 sd 5 sdm dan 2 gelas air putih di pagi hari , sekitar 1 jam sebelum sarapan dan saat 1 jam setelah makan malam dengan atau tanpa air. Kuantitas tersebut tadi merupakan kuantitas yang kami gunakan secara pengalaman pribadi untuk diminum langsung dengan efek kesehatan yang kami rasakan sangat memuaskan. Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan untuk campuran bahan makanan seperti salat ,dsb pada aktifitas sehari-hari, karena tidak dikenal adanya efek samping pada penggunaan dalam jumlah banyak sekalipun , pada jenis EXTRA VIRGIN murni/asli.

Hingga saat ini tidak ada informasi dasar ilmiah dari referensi ilmu pengetahuan berbahasa asing berkenaan adanya pengaruh untuk minum air putih, juice atau minuman lainnya sebelum ataupun sesudah meminum minyak zaitun ekstra virgin, umumnya hal ini hanya bersifat subjektif (menduga-duga).

Untuk mereka yang tidak cocok dengan rasa, aroma minyak zaitun ekstra virgin akan sangat dapat menolong pada saat mengkonsumsinya dengan minum air putih, juice sebelum dan sesudahnya, seiring waktu , biasanya Anda akan mulai terniasa dengan rasa dan aromanya. Sebaiknya tidak menggunakan minyak zaitun dalam kapsul, kecuali Anda yakin 100% bahwa isinya benar-benar  minyak zaitun ekstra virgin murni/asli.

Pada beberapa kasus penggunaan secara langsung (diminum langsung) , dilaporkan timbulnya diare ringan sementara, akan tetapi kuantitas (dosis) yang dicurigai penyebab timbulnya diare ringan ini pada setiap orang berbeda. Jika Anda mengalami hal ini, hentikan konsumsi langsung hingga diare berhenti, kemudian mulailah konsumsi dengan kuantitas rendah , misalnya 1/4 sendok teh yang kemudian ditingkatkan untuk setiap minggunya, hingga kuantitas yang diinginkan.

Anda dapat menggunakan sedikit minyak zaitun di makanan bayi resep Anda untuk bayi mulai usia 6 bulan. Sesuai pedoman dari American Academy of Pediatrics, UNICEF dan Organisasi Kesehatan Dunia, bayi di bawah usia 6 bulan hanya menerima semua nutrisi yang mereka butuhkan dari ASI atau susu formula (tanpa tambahan bahan makanan lain). Untuk 200 gram porsi makanan, ditambahkan 1/4 ke 1/2 sdt minyak zaitun. baca lebih lengkap disini .

Minyak zaitun jarang menyebabkan reaksi alergi (baca alergi minyak zaitun) ,tapi disarankan jika diberikan kepada bayi berumur diatas 6 bulan untuk pertama kalinya, maka dicampur dengan makanan yang telah aman dikonsumsi bayi. Dengan cara itu – jika terjadi reaksi alergi, maka Anda akan dapat mengidentifikasi minyak zaitun sebagai penyebabnya dan mendiskusikan hal ini dengan dokter Anda.

Pada penggunaan untuk memasak bahan pengolah makanan dapat diperlakukan sebagaimana penggunaan minyak nabati lainnya dalam kegiatan sehari-hari, jika digunakan untuk menggoreng, sebaiknya jangan gunakan minyak zaitun setelah 2 kali penggunaan untuk menggoreng.

Pada penggunaan langsung untuk anak-anak, perhatikan kemampuan anak-anak dalam menelannya karena ada resiko tersedak. Minyak zaitun extra virgin sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak mengingat gizinya yang tinggi. Mulailah dengan dosis terkecil yang kemudian ditingkatkan setiap minggunya , jika digunakan untuk konsumsi langsung.

Batasan kuantitas awal yang kecil hanya bertujuan untuk memudahkan adaptasi dan menghindari resiko diare ringan yang mungkin terjadi, akan tetapi jika Anda yakin bahwa Anda mampu dapat menahan reaksi tersedak dan dengan mudah beradaptasi dengan aroma cita rasanya, maka silahkan Anda memulai dengan kuantitas yang Anda inginkan.

Dalam kondisi perawatan khusus , dimana Anda sedang dalam perawatan pengobatan yang mengharuskan dikonsumsinya obat-obatan pengendali tekanan darah dan penetralisir kadar gula darah, maka sebaiknya hanya mengkonsumsi langsung (diminum langsung) dalam jumlah terbatas, mengingat minyak zaitun extra virgin memiliki efek menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah, sehingga dikhawatirkan gula darah dan tekanan darah Anda akan menjadi sangat rendah jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan tersebut.

Pada beberapa kasus bahkan minyak zaitun extra virgin dijadikan sebagai media perawatan pengganti obat-obatan kimia bagi para penderita penyakit tekanan darah dan gangguan kadar gula darah.

Jika diperlukan konsultasikan hal ini dengan dokter Anda terlebih dahulu. (baca)

Mengkonsumsi minyak zaitun extra virgin pada beberapa penelitian telah memberikan cukup bukti sebagai  cara meminimalisir potensi penyakit diabetes dengan membantu dalam menetralisir kadar gula dalam darah, akan tetapi belum memiliki bukti kuat (masih dalam berdebatan) memiliki potensi memulihkan fungsi pangkreas secara penuh dalam menghasilkan insulin.

Dari beberapa referensi penelitian dianjurkan konsumsi langsung minimal 2 sendok dalam sehari untuk dapat merasakan manfaatnya.  Adanya penulisan dosis pada beberapa produk lokal minyak zaitun tidak memiliki dasar , akan tetapi lebih bersifat subyektif (mengira-ngira).

Kemungkinan pada beberapa orang yang memiliki masalah dengan perut terjadi efek pencahar akan tetapi hal ini akan hilang dengan sendirinya atau jika berlanjut hentikan penggunaan , dan mulai dengan menggunakannya dalam ukuran yang kecil yang ditingkatkan setiap minggunya. Minyak zaitun extra virgin sangat baik untuk menjaga kesehatan perut dalm hal ini lambung. (baca: Manfaat zaitun pada maag dan kanker perut).

Khususnya pada EXTRA VIRGIN ORGANIK tersertifikasi akan dipastikan lebih aman , karena terjamin tidak mengandung sisa/residu zat substan kimia sisa penggunaan pupuk, pestisida, pewarna, pengawet , aroma sintetis yang semakin sering digunakan pada minyak zaitun reguler secara diam-diam. Untuk mendapatkan khasiat nutrisi minyak zaitun EXTRA VIRGIN bagi kesehatan tubuh maka sebaiknya gunakan ukuran kemasan yang dapat Anda habis konsumsi dalam waktu sekitar 30 hari setelah kemasan dibuka.

Mengapa memilih Balsari? (klik disini)

Secara umum, pada beberapa penelitian pengaruh konsumsi minyak zaitun extra virgin khususnya  dengan tujuan kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung, pencegahan stroke dan beberapa pencegahan penyakit pembuluh darah, di anjurkan penggunaan minyak zaitun EXTRA VIRGIN pada aktifitas konsumsi sehari-hari. Penggunaan lebih banyak  sebagai makanan sehat setiap harinya sangat dianjurkan, karena adanya  bukti kuat pada penelitian, bahwa penggunaan minyak zaitun EXTRA VIRGIN secara signifikan meningkatkan kualitas kesehatan tubuh secara keseluruhan, akan tetapi harus diingat untuk mengusahakan meminimalisir paparan panas pada hidangan, saat minyak zaitun digunakan, sehingga manfaat nutrisinya dapat maksimal didapatkan.

 

Dari sumber referensi obat-obatan www.drugs.com

Merekomendasikan

Penggunaan konsumsi dengan dosis harian antara 25 ml hingga 40 ml dan 8 gram sampai dengan 70 gram sebagai penggunaan yang aman tanpa efek merugikan (jika dikhawatirkan terjadi efek samping pada minyak zaitun selain extra virgin :baca efek samping minyak zaitun).

Pada kasus mengkonsumsi dalam jumlah banyak, kemungkinan dapat terjadi reaksi diare ringan sementara, kasus alergi sangat jarang terjadi.

Dapat digunakan sebagai pencahar ringan dan pelumas usus bagi orang kesulitan dalam BAB.

dst

Lebih spesifik/khusus pada jenis Extra virgin:

-tidak dikenal adanya kontra indikasi dan aman dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui.

-tidak mengandung senyawa beracun apapun.

 

Pada beberapa kasus, sering minyak zaitun extra virgin digunakan sebagai media untuk memasak rendah kolesterol dengan suhu tinggi, tidak ada  efek samping apapun atas hal ini, hanya saja beberapa nutrisinya yang tinggi seperti polyfenol, vit E  dsb akan banyak berkurang.

Terlalu banyak khasiat manfaat minyak zaitun EXTRA VIRGIN yang belum tergali, akan tetapi dari sisi agama Islam, nasrani dan yahudi , baik zaitun dan minyak zaitun (EXTRA VIRGIN)  memiliki arti yang sangat khusus dalam kehidupan .

Kemajuan teknologi telah menghasilkan minyak zaitun dengan berbagai karakteristik yang sebagian besarnya bukan merupakan karakteristik minyak zaitun yang dimaksud dalam rujukan pengunaan masa lampau yaitu minyak zaitun murni yang dikenal sebagai minyak zaitun extra virgin.

Kemajuan teknologi kembali berdampak negatif dengan banyak diketemukannya minyak zaitun yang telah di manipulasi secara genetik dan fisik dengan pewarna (hijau), perasa (pedas) dan aroma sintetis, hal ini tidak akan mudah diketahui/dibedakan oleh seorang ahli zaitun sekalipun, sehingga asal usul produk dan system pengawasan qualitas minyak zaitun EXTRA VIRGIN saat ini merupakan hal penting yang wajib diketahui, adanya bahan campuran tambahan pada minyak zaitun mengakibatkan timbulnya resiko kemungkinan efek negarif dan alergi.

Pada beberapa literatur dilaporkan adanya reaksi alergi (baca) yang diduga sebagai akibat dari kontak/mengkonsumsi minyak zaitun, akan tetapi pada kenyataannya hal ini terjadi disebabkan bukan oleh minyak zaitun secara langsung.

Kecenderungan timbulnya alergi minyak zaitun sangatlah jarang dilaporkan, dari beberapa kasus yang ada disimpulkan bahwa dugaan alergi ini lebih diakibatkan dari serbuk sari buah zaitun dan hanya timbul pada daerah bersinggungan langsung dengan perkebunan zaitun, dugaan alergi lainnya dapat dijelaskan dikarenakan penggunaan  minyak zaitun extravirgin palsu atau dicampur dengan minyak nabati dari kacang-kacangan. Pemicu alergi pada makanan adalah kandungan protein yang ada ,pada penggunaan minyak zaitun extra virgin murni/asli, kemungkinan timbulnya alergi sangat rendah dengan berdasarkan fakta minyak zaitun extra virgin murni hanya memiliki kandungan protein sangat rendah yaitu hanya sekitar 2%. Dapat disimpulkan kemungkinan terjadinya reaksi negatif pada minyak zaitun extra virgin asli/murni sangatlah rendah , sebaliknya pada minyak zaitun jenis lainnya?minyak zaitun sulingan (selain extra virgin)  dan  minyak zaitun extra virgin kualitas rendah (campuran,asli tapi palsu) ada kemungkinan terjadi efek yang tidak diharapkan dihubungkan dengan fakta adanya kandungan zat kimia, protein kacang-kacangan dsb.

Untuk mencapai hasil yang diharapkan adalah hal paling penting untuk memperhatikan jenis dan kualitas dari minyak zaitun yang digunakan, baik produk import maupun produk repacking lokal. Kemasan import dengan harga tinggi tidak menjamin akan memberikan jaminan kualitas terbaik , sedangkan kemasan lokal (repacking) mungkin saja memiliki harga lebih terjangkau akan tetapi Anda harus memperhatikan kemurnian minyak zaitun bahan baku (asal usul bahan baku ), hyginitas produksi/repacking , bahan baku kemasan dan tak kalah penting umur minyak zaitun dari kemasan lokal, harus Anda pastikan tanggal expired dihitung dari tanggal produk dihasilkan dinegara asal, bukan dari tanggal pengemasan di Indonesia karena adanya rentang waktu yang besar dari mulai produk dihasilkan di negara asal hingga siap dipasarkan.  Rentang waktu dimaksud antara lain waktu penyimpanan digudang produsen, waktu pengiriman/pengapalan, waktu di gudang importir, waktu digudang perusahaan repacking dst, hingga dipastikan , akan mustahil produk repacking masih berumur efektif  (dapat memberi manfaat) yaitu 3 hingga 4 tahun dari tanggal saat diekstraksi dinegara asal.   Sebagai jaminan kualitas, tidak ada cara lain untuk saat ini, selain mengandalkan sertifikasi dari lembaga pengawasan independen yang melakukan pengawasan langsung secara menyeluruh baik pada perusahaan (ISO 9001), pada proses produksi dan  pada produk (HACCP/ISO 22000, Sertifikasi HALAL, Sertifikasi ORGANIK).

Kesimpulan:

Pada dasarnya jika konsumsi dilakukan dalam batas wajar dan yang dikonsumsi adalah minyak zaitun dengan kualitas extra virgin murni/asli , maka tidak ada hal yang terlalu dikhawatirkan karena faktanya di negara-negara dengan budaya konsumsi minyak zaitun seperti Turki, Palestina, Suriah, Spanyol,Itali, Yunani diperoleh fakta bahwa mereka yang terbiasa menggunakan minyak zaitun dalam hidangan sehari-hari memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik , khususnya ditinjau dari tingkat resiko penyakit stroke, serangan jantung, kanker, dan diabetes yang penderitanya relatif sangat rendah pada daerah-daerah yang penduduknya terbiasa mengkonsumsi minyak zaitun extra virgin.

 

Hal sangat penting  yang  harus diingat dan diperhatikan saat Anda mengkonsumsi minyak zaitun ekstra virgin sebagai makanan sehat dan tujuan pengobatan adalah sebagai berikut:


-Jenis terbaik dari minyak zaitun adalah minyak zaitun ekstra virgin, yang diproduksi sebagai ekstraksi pertama dari juice buah zaitun segar (EKSTRA VIRGIN) dan tanpa proses yang mengakibatkan peningkatan suhu (FIRST COLD PRESSED).


-Pastikan bahwa minyak zaitun yang dikonsumsi merupakan minyak zaitun asli/murni dari jenis ekstra virgin yang diproduksi tanpa campuran apapun seperti campuran minyak lain, pewarna, perasa, pengawet dsb. Tidak ada jaminan keaslian sekalipun produk yang Anda beli adalah sangat mahal, produk import, berlabel kemasan tertulis  ekstra virgin dan penjelasan brosur yang bombastis. Minyak zaitun ekstra virgin yang telah dicampur dengan bahan tambahan menimbulkan resiko kesehatan, bahkan adanya indikasi penggunaan zat kimia seperti pengawet, pewarna, perasa dsb dapat beresiko menimbulkan kanker. Baca bahan kimia pada minyak zaitun


-Cara sederhana mendapatkan minyak zaitun ekstra virgin murni adalah dengan memilih minyak zaitun dengan sertifikasi organik karena minyak zaitun organik hanya ada pada jenis extra virgin, jadi dapat disimpulkan bahwa, "minyak zaitun organik pasti minyak zaitun extra virgin asli/murni", akan tetapi minyak zaitun extra virgin belum tentu organik , dengan kata lain adanya sertifikasi minyak zaitun organik dari lembaga independen terakreditasi memberikan pengakuan kuat bahwa minyak zaitun organik bersangkutan masuk dalam kategori jenis minyak zaitun extra virgin , karena secara tidak langsung ikut terserfikasi sebagai jenis minyak zaitun extra virgin, hal ini sangat penting ditengah maraknya produk minyak zaitun extra virgin palsu dan berkualitas rendah (campuran). -Minyak zaitun organik merupakan minyak zaitun dengan kualitas tinggi yang harus selalu didukung dengan sertifikasi lembaga independent terakreditasi sebagai pengakuannya. Produk organik yang diproduksi tanpa zat pengawet sangat membutuhkan tambahan pelindung baik berbentuk tabung pelindung ataupun botol dengan warna gelap untuk mengurangi resiko pengaruh cahaya dan fluktuasi suhu. Oleh karena itu biasanya produsen minyak zaitun organik selalu memberikan tambahan perlindungan untuk menjaga kualitas produknya ,namun harus juga diperhatikan adanya beberapa kasus penggunaan botol berpewarna gelap justru digunakan untuk menyembunyikan kualitas rendah dari produk minyak zaitun.


Pada ekstraksi minyak zaitun ekstra virgin dengan cara tekan konvensional (tradisional) akan selalu didapatkan endapan partikel sangat halus dari serat buah zaitun yang kadang terlihat didasar kemasan botol transparan seperti kabut tipis yang dapat segera hilang jika botol kemasan beberapa kali dibolak-balikan/digoncangkan. Adanya endapan/sediment di dasar botol pada produk minyak zaitun ekstra virgin dapat juga diartikan sebagai ciri minyak zaitun ekstra virgin segar yang baru saja melalui proses ekstraksi ,biasanya berumur kurang dari 1 bulan dihitung dari tanggal proses ekstraksinya, lalu kemudian segera dikemas kedalam botol. Pada industri pengolahan minyak zaitun skala besar yang ditandai dengan kepemilikan banyak merk dagang atas produk minyak zaitun (daftar merk produk dapat dilihat pada website produsen bersangkutan) ,biasanya dilakukan penyimpanan minyak zaitun dalam jumlah besar sebagai pengamanan stock dalam jangka waktu tertentu. Pada hasil ekstraksi minyak zaitun ektra virgin yang telah disimpan lebih lama ( diatas 3 bulan) maka endapan sedimen partikel halus dari serat buah zaitun akan terkumpul mengendap didasar tangki penyimpanan bukan di botol kemasan.


Minyak zaitun organik bersertifikat organik yang dapat diverifikasi dapat dipastikan akan selalu jenis minyak zaitun ekstra virgin asli/murni tanpa bahan tambahan apapun seperti campuran minyak zaitun kualitas rendah/minyak nabati lain, tambahan bahan pengawet, pewarna, perasa dsb.


-Sebaiknya hanya membeli minyak zaitun dengan ukuran yang mampu dikonsumsi dalam 30 hari setelah kemasan dibuka untuk menghindari penurunan kualitas nutrisi akibat proses buka tutup kemasan (oksidasi) selama masa pengkonsumsian.


-Hindari produk repacking tanpa asal bahan baku yang jelas dapat dibuktikan, standarisasi kualitas yang jelas, maupun tanpa izin dari pihak berwenang seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan/BPOM.


-Hindari kemasan dengan bahan baku beresiko kontaminasi seperti kemasan plastik, kaleng dst.


-Hindari paparan panas dan cahaya langsung pada minyak zaitun agar nutrisinya tidak rusak. Simpanlah minyak zaitun dalam kondisi suhu ruangan dan gelap gulita.